HP Color LaserJet CM1017 MFP

shares |



Hewlett Packard dengan Color LaserJet CM1017 MFP (CM1017) dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang memiliki kantor yang tidak terlalu besar tetapi sangat memperhatikan kualitas dari hasil cetakan sebuah printer laser baik teks maupun grafik. Dengan CM1017 Anda akan mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk menunjang kerja. Pada printer ini, selain kemampuan cetak dengan kualitas prima yang ditawarkan, juga disajikan fungsi lain sebagai mesin scanner
 dan fotokopi sekaligus. Selain hal diatas, Color LaserJet CM1017 MFP juga sudah network ready. Dan yang paling jarang Anda temui di printer sejenis lainnya yang bukan HP adalah built-in media card reader-nya. Tidak salah jika printer HP dengan tipe ini mempunyai kode MFP, yaitu Multi Function Printer.
Desain
Dari ukurannya, printer ini memang lebih cocok untuk di letakkan di ruang kantor ketimbang di rumah. Mempunyai ukuran 43.9x50.8x54.1 cm dengan berat hampir 23kg. Untuk keperluan scan dan copy, terdapat tombol-tombol pengoperasian yang dapat Anda temukan pada bagian atas. Scanner pada printer ini dapat meng-scan dokumen hingga ukuran A4. Sayangnya, untuk tipe ini belum dilengkapi dengan automatic document feeder.

Untuk tempat keluarnya kertas atauoutput tray, terdapat pada bagian bawah scanner menghadap kearah depan. Input tray-nya berada pada bagian depan di bawah printer ini yang dapat digunakan dengan cara menariknya, dimana dapat menampung hingga 250 lembar kertas. Anda dapat mengaturnya juga untuk menampung ukuran kertas legalTray untuk tempat masuknya kertas secara satu per satu pada saat mencetak yang berada pada bagian depan printer ini hanya terdapat satu buah. Pengaturan ukuran kertas pada tray ini juga dapat Anda lakukan. Dari ukuran sebesar amplop sampai ukuran kertas biasa. Bila Anda merasa kurang dengan kapasitas daya tampung kertas pada printer ini, penambahan tray yang dapat menampung 250 lembar lagi dapat Anda beli secara terpisah.

Pada CM1017, di sisi kirinya tersedia 4 slot untuk membaca media kartu memory dengan jenis yang umum di pasaran. Terdapat flip LCD warna berukuran 2.4” yang dapat di atur kemiringannya untuk mengoptimalkan tampilan dari berbagai sudut. Pada LCD tersebut terdapat informasi jumlah pemakaian toner yang tersisa, agar penggantian toner bisa lebih mudah di ketahui. Terdapat pula tombol-tombol pada printer ini untuk melakukan cetak photo, scan dan copy juga untuk menavigasi menu yang ada tanpa harus menggunakan PC.

Fitur

Biasanya printer multi fungsi untuk perkantoran berorientasi pada pekerjaan kantor. Pada CM1017, sayangnya fitur fax tidak tersedia. Sebagai gantinya, CM1017 menambahkan fitur lain yang jarang terdapat pada printer laser sejenis, yaitu built-in media cards readeruntuk memudahkan mencetak foto. Anda dapat memcetak pada media kertas foto biasa ataupun pada kertas HP yang memang dikhususkan untuk foto. Fitur ini tentu akan sangat berguna pada jenis perkantoran tertentu seperti real estate atau asuransi.

CM1017 memiliki processor 300MHz dengan RAM standar sebesar 94MB. Apabila Anda ingin meng-upgrade RAM tersebut, Anda bisa menambahkan sampai dengan 224MB. Ethernet port untuk networking telah tersedia pada CM1017. Untuk koneksi ke PC Anda, CM1017 menggunakan koneksi USB. Dan untuk duplex atau cetak bolak-balik masih bersifat manual, belum bisa beroperasi secara otomatis.

Pada saat Anda mengoperasikannya dengan menggunakan control panel yang ada, akan ada beberapa pilihan seperti pilihan format untuk hasil scan yang telah Anda lakukan menjadi format TIFF, JPEG atau PDF. Bahkan Anda juga bisa langsung meng-attach file hasil scan tersebut pada e-mail sebelum Anda mengirimnya. Opsi tambahan lainnya bisa Anda dapatkan bila menggunakan software SolutionCenter dari HP. Dengan menambahkan Solution Center kemampuan yang akan Anda dapatkan antara lain scan melalui program pilihan Anda seperi Word, PowerPoint dan Photoshop. Anda juga dapat menggunakan bundel software yang tersedia seperti software optical character recognition (OCR) yang fungsinya dapat membuat teks pada file hasil scan dapat diedit.

Pada saat Anda melakukan scan dokumen, Anda dapat mengatur tingkat kegelapan dan menyesuaikan ukuran dari 25% hingga 400%. Sedangkan untuk foto, terdapat pengaturan color balance dan tingkat ketajaman dari image tersebut.

Seperti yang telah di sebutkan diatas, kemampuan printer ini untuk mencetak dari media memory card merupakan fitur yang jarang ditemui pada sebuah printer laser. Selain mempunyai kemampuan mencetak sekualitas foto, Anda akan mendapatkan fitur-fitur lain yang tak kalah berguna bagi kebutuhan kantor Anda. Anda dapat melakukanpreview isi memory card Anda secara Slide Show atau mengekliknya secara manual dari file-file image yang ada.

Pada saat Anda akan mencetaknya, Anda dapat memilih konfigurasi kertas yang Anda gunakan. Mulai dari ukuran hasil cetak hingga jenis kertas yang akan Anda gunakan (termasuk jenis kertas dari HP yang memang dikhususkan untuk cetak foto). Pemilihan urutan pada saat memcetak foto juga dapat dilakukan berdasarkan nomor foto, bukan berdasarkan tanggal. Pada hasil cetak tersebut, tampilan seperti indeks nomor foto, nama file dan tanggal pengambilan foto dapat pula disertakan.

Untuk pergantian toner dapat Anda lakukan dengan mudah pada CM1017. Anda tinggal membuka panel depan pada printer ini dan mengeluarkan tonernya tanpa mengalami kesulitan berarti.

Kinerja

Dari apa yang telah diinformasikan tentang HP Color LaserJet CM1017 MFP ini, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan. Kekurangan yang akan terasa bagi Anda yang membutuhkan mesin fax terintegrasi, tentu saja tidak adanya fitur Fax pada CM1017 MFP. Juga untuk tingkat kecepatan mencetak. Dilihat dari hasil test yang menunjukkan bahwa untuk mencetak 8 lembar halaman baik mono maupun color dibutuhkan waktu 1 menit. Dengan kecepatan untuk text (mono) 6.81ppm, grafik (mono) 6.31ppm, text (color) 5.91ppm dan grafik (color) 6.16ppm. Beberapa printer pada kelas setara dapat menunjukkan kecepatan cetak text (mono) hingga 8.44ppm.

Untuk kinerja scan, CM1017 MFP mempunyai kecepatan 3.39ppm untuk dokumen grayscale dan 2.61ppm untuk dokumen berwarna Anda. Sedangkan untuk kelebihan yang dimiliknya HP Color LaserJet CM1017 MFP yaitu terdapatnya built-in media card readers yang akan sangat berguna bagi Anda yang ingin memcetak foto dari kamera digital dan media sejenis. Jangan lupa, Anda juga mendapatkan fiturnetwork ready yang pastinya akan sangat membantu sekali untuk berbagi guna printer Anda. Pada akhirnya, printer ini dapat dijadikan pilihan untuk kantor Anda, menilik dari semua kemampuan, fitur, dan kuliatas yang ditawarkan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment