BenQ PE8720

shares |


Desain
BenQ PE8720 dengan balutan kombinasi warna putih-perak berukuran 492 x 195 x 393 mm dan berat 9 kg akan membuat proyektor ini terasa sedikit berat. Tapi, jangan dilihat dari tampilan bodi besarnya, lihatlah segala kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Seperti lensa besar untuk zoom yang lebih halus dengan desain lensa yang dapat melindunginya dari debu, dimana desain seperti ini dapat di sejajarkan dengan proyektorhigh-end lainnya.

Pada bagian atas PE8720 terdapat 
onboard-control yang cukup lengkap dengan susunan yang rapi. Sedangkan untuk keamanan dari gangguan tangan-tangan jahil, telah di sediakan slot untuk Kensington lock dibagian kanan.

Remote control untuk kemudahan pengoperasian proyektor ini sudah termasuk dalam paket penjualan. Berdesain cantik dan bisa digunakan untuk semua pengaturan seperti konfigurasi daninput switching dengan menu yang lebih mudah. Ada juga tombol untuk pengaturan brightness dan contrast, juga pengaturan untukmotorized zoom, focus dan lens shift. Tidak ketinggalan 6 tombol input untuk pengontrolan langsung/secara cepat.

Konfigurasi pada PE8720 dapat dikelompokkan menjadi 5 submenu dengan hampir 90 pengaturan yang dapat Anda sesuaikan. Hasil dari settingyang telah Anda buat dapat disimpan dalam salah satu fungsi memori dari 3 memori yang ada dan bisa Anda gunakan sebatas pada pilihan video input. Ada juga cara cepat yang bisa Anda gunakan yaitu dengan adanya 5 macam jenis konfigurasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan tingkat cahaya pada ruangan yang ada. Kelima konfigurasi itu meliputi: mode Cinema dan Home Theatre untuk ruangan yang gelap, sementara mode Family Room untuk penggunaan di ruang keluarga Anda.

Fitur
PE8720 merupakan proyektor High Definition dengan resolusi 1.280 x 720 piksel berteknologi DLP™ dengan dukungan Texas Instrument DarkChip3 yang membuat proyektor ini mampu menghasilkan kontras 10.000:1 dengan kecerahan 1.000 ANSI lumen. Untuk lampu berdaya 250W mempunyai jangka waktu pemakaian hingga 3.000 jam pada seting mode ekonomis.

PE8720 juga mempunyai tambahan fitur lain yaitu teknologi Senseye™ yang diklaim oleh pembuatnya dapat meningkatkan kontras, warna dan ketajaman gambar pada saat mengoptimalkan tingkat pergerakan objek. Sementara untuk mengoptimalkan intensitas cahaya pada suasana terang dan gelap, PE8720 menggunakan variable lens aperture.

Konfigurasi dan pengoperasian BenQ tidak pernah lebih mudah dengan menggunakan zoon bermotor, fokus dan pergeseran lensa vertical. Sebelumnya sudah mendukung pergeseran lensa vertical 2 arah sejauh 120ยบ untuk gambar dengan cara menekan tombol baik dengan menggunakan remote control maupun pada unit ini langsung.

BenQ menyertakan beberapa item tambahan dalam paket penjualan yang pastinya akan berguna bagi Anda. Beberapa diantaranya adalah 2 buah filter debu, 1 set kabel komponen video, kabel pasokan listrik sepanjang 2 meter, kabel penghubung panel penutup dimana pada penutupnya dapat menjadi tempat penyimpanan kabel agar terlihat rapi & tidak terlihat berantakan.
Pada bagian belakang PE8720, terdapat beberapa terminal. Seperti 2 set soket video untuk HD-ready (salah satunya adalah soket yang bisa digunakan pada PC via optional VGA to BNC adapter), terminal HDMI digital, dan video input untuk S-Video juga compositeAda juga tombol trigger 12V untuk pengoperasian layar proyektor secara otomatis dan juga port untuk wired remote control yang digunakan pada saat kastamisasi ketika instalasi.

Kinerja
Pengujian yang telah dilakukan pada PE8720 dengan 720p HDMI output menunjukkan bahwa kontras pada gambar yang dihasilkan tidak terlalu optimal. Walaupun begitu, kualitas gambar yang dihasilkan padasaturated colors dan gambar yang jernih menunjukkan tingkat diatas rata-rata.

Dari hasil diatas, apabila PE8720 diatur dengan konfigurasi yang pas maka akan didapatkan hasil yang lebih baik lagi. Terbukti pada saat melakukan pengujian dengan DVD gilm ‘Gladiator's: Colosseum Showdown’,skin-tones Maximus dan Commodus dapat ditampilkan dengan baik. Daun bunga mawar yang muncul dengan warna merah tidak seperti warna merah-oranye pada proyektor low-endpada umumnya. Begitu pula dengan tampilan adegan dengan sceneyang lebih banyak pada keadaan gelap seperti ‘Blade 2’.

Pada akhirnya, untuk Anda yang mempunyai selera tinggi dan menginginkan proyektor dengan dukungan teknologi yang mumpuni juga fitur beragam dan kepuasan maksimal dari sebuah proyektor, PE8720 bisa menjadi teman Anda di saat Anda menonton film-film terbaik yang Anda miliki, juga untuk keperluan kantor Anda sehari-hari. 

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment